Pages

Saturday, January 28, 2017

Resensi Buku "Benteng Remaja Menolak NARKOBA"




Judul                             : Benteng Remaja Menolak NARKOBA
Penulis buku                 : R. W. Dodo, S.Pd.I
Pengantar isi buku        : Ada
Penerbit buku               : Penerbit Nobel Edumedia
Tahun buku terbit         : Tahun 2008
Tebal buku                    : 79 halaman


Memang remaja di sini adalah masa yang paling rawan terhadap narkoba. Di mana pada masa ini, mereka sedang mengalami masa transisi untuk mencari suatu kepribadian yang sejati pada dirinya. Dalam merubah dirinya, mereka cenderung mudah tersulut emosi dan mudah terpengaruh oleh orang lain. Walaupun tidak menutup kemungkinan, orang dewasa dan anak-anak juga bisa terpengaruh narkoba. Di dalam buku ini penulis menjelaskan tentang akibat buruk terhadap fisik pemakainya, dan kejiwaan pemakainya. Pembaca pun diarahkan pada akibat penyalahgunaan narkoba dan ancaman hukuman bagi pengguna dan pengedar narkoba. Maka si penulis membuat buku ini untuk si pembaca menjauhi narkoba dan akibat buruk narkoba. Untuk pembaca tahu rangkuman atau isi dari buku tersebut dan pembaca juga bisa tahu kekurangan dan kelebihan buku itu.
Kelebihan dari buku ini yaitu dari segi temanya. Tema narkoba yang digunakan dalam buku ini sangatlah pas, karena pada saat ini mulai marak penyalahgunaan narkoba, khususnya pada kalangan remaja. Buku ini juga sangat bermanfaat bagi pecandu narkoba karena di dalamnya ada akibat mengonsumsi narkoba dan penyalah gunaan narkoba.
Kelemahan dari buku ini yaitu dari segi bahasa. Bahasanya terlalu sulit untuk dimengerti jadi pembaca sulit memahami isi dari buku ini dan juga buku ini jarang ada di perpustakaan.

Istilah Narkoba sudah tidak asing lagi bagi kita. Baik media cetak maupun elektronik sering memberitakan tentang narkoba, baik pecandu maupun pengedarnya. Penggunaan narkoba sangat berbahaya apabila penggunaannya tidak tepat. Obat terlarang ini selain juga merusak kesehatan juga akan merusak generasi muda bangsa.
Remaja merupakan masa yang paling rawan terhadap narkoba oleh karena itu, pengetahuan akan bahaya narkoba sangat penting bagi semua kalangan, khusunya remaja. Ada banyak cara untuk menghindari narkoba. Diantaranya, memilih pergaulan teman dengan baik, jangan lari dari masalah, serta peranan keluarga sangat penting dalam menanggulangi pengaruh narkoba ini.
Pemerintah juga sudah mengatur ancaman hukuman bagi pengguna dan pengedar narkoba yakni UU No.22 tahun 1997 tentang Narkotika dan UU No.5 Tahun 1997 tentang Psikotropika. Apabila sudah terkena pengaruh narkoba, maka penderita akan sulit memperbaikinya.
Narkoba menghancurkan generasi muda bangsa, membuat jiwa tidak tenang, narkoba membuat efek negatif terhadap fisik, maka katakan “TIDAK” untuk narkoba.

No comments :

Post a Comment