Pages

Wednesday, March 14, 2018

Karya Tulis Ilmiah Tentang "Kurangnya Kedisiplinan Siswa"

KARYA TULIS ILMIAH
Kurangnya Kedisplinan Siswa

Oleh : Kelompok 5, XI MIPA 5

·         MUHAMMAD RAIHAN INDRAGUNA

PEMERINTAHAN KABUPATEN CIAMIS
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 2 CIAMIS
JL. K. H AHMAD DAHLAN NO 02 CIAMIS TELP. (0265) 771709
TAHUN PELAJARAN 2017/2018



LEMBAR PENGESAHAN
Karya tulis ilmiah yang berjudul “Kurangnya Kedisiplinan Siswa. Telah disahkan dan disetujui oleh :



Disetujui oleh :


Pembina                                                    Pembina II


                                      , S. Pd                                           , S. Pd.
   NIP.                                                             NIP.





KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang  telah memberikan rahmat, serta karunianya, sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah sederhana ini.
Selain itu saya mengucapkan terima kasih kepada :
1.    Ibu   selaku wali kelas XI IPA 5.
2.    Bapak  selaku guru mata pelajaran Bahasa Indonesia
3.    Ibu  selaku guru Ppkn
Karya tulis ilmiah ini disusun dalam rangka memenuhi TUGAS BAHASA INDONESIA. Kami menyadari bahwa penyusunan karya tulis ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna sempurnanya karya ilmiah ini.
Semoga dengan adanya karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi pembaca serta dapat dijadikan acuan untuk membuat karya tulis ilmiah lebih baik lagi kedepannya.

                                                                        Ciamis, 16 Februari 2018



Penulis







DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN............................................................... ii
KATA PENGANTAR....................................................................... iii
DAFTAR ISI..................................................................................... iv
BAB 1 PEDAHULUAN.................................................................... 1
1.1                                                                                                                                                                                                                                                           Latar Belakang Masalah..................................................................................... 1
1.2                                                                                                                                                                                                                                                           Rumusan Masalah                                                                                                   1
1.3                                                                                                                                                                                                                                                           Tujuan Penelitian.................................................................................................. 2
1.4                                                                                                                                                                                                                                                           Manfaat Penelitian.................................................................................................. 2
BAB 2 KAJIAN PUSTAKA............................................................. 3
2.1                                                                                                                                                                                                                                                           Kajian Teoritis 3
2.2                                                                                                                                                                                                                                                           Kerangka Pemikiran................................................................................. 12
2.3                                                                                                                                                                                                                                                           Hipotesis         12
BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.......................................... 13
3.1                                                                                                                                                                                                                                                           Waktu dan Tempat Penelitian.................................................................................. 13
3.2                                                                                                                                                                                                                                                           Metode dan Rancangan Penelitian............................................................... 13
3.3                                                                                                                                                                                                                                                           Populasi dan Sampel Penelitian..................................................................... 13
3.4                                                                                                                                                                                                                                                           Instrumen Penelitian.................................................................................. 13
3.5                                                                                                                                                                                                                                                           Metode Pengumpulan Data................................................................... 13
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN............................................. 15
4.1                                                                                                                                                                                                                                                           Hasil Penelitian................................................................................................. 15
4.2                                                                                                                                                                                                                                                           Tabel Penelitian................................................................................................. 16
4.3                                                                                                                                                                                                                                                           Pembahasan Penelitian.................................................................................. 16
BAB 5 PENUTUP............................................................................. 19
5.1                                                                                                                                                                                                                                                           Kesimpulan     19
5.2                                                                                                                                                                                                                                                           Saran     19
DAFTAR PUSTAKA....................................................................... 20
LAMPIRAN-LAMPIRAN............................................................... 21
BIODATA PENULIS





BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
Disiplin dan tata tertib sekolah merupakan pedoman bagi sekolah untuk menciptakan susana sekolah yang aman dan tertib sehingga akan terhindar dari kejadian-kejadian yang bersifat negatif. Hukuman yang diberikan ternyata tidaklah ampuh untuk menangkal beberapa bentuk pelanggaran, sehingga akan bertambah keruh permasalahan Beberapa kejadian yang bersifat negatif harus segera ditanggulangi dan ditangkal. Pihak sekolah tidak boleh berputus asa bila menghadapi peserta didik banyak melanggar disiplin dan tata tertib sekolah.
Disiplin yang berlaku biasanya disertai dengan sanksi atau hukuman. Bagi pelanggar disiplin (indisipliner) akan mendapat sanksi sebagai konsekuensi terhadap pelanggaran tersebut. Sanksi bagi pelanggar tergantung pada jenis dan bobot pelanggaran yang dilakukan.
Aturan dan Tata tertib dapat dibuat secara bersama berdasarkan musyawarah dan mufakat. Namun ada pula yang dibuat oleh pihak tertentu yang berwenang mengatur setiap aktivitas di dalam suatu komunitas atau kelompok kerja. Aturan dan tata tertib di sekolah berlaku di dalam komunitas atau lingkungan sekolah. Semua warga sekolah harus mematuhi dan mentaati semua aturan yang ada di sekolah.
Disiplin membantu anak mengembangkan hati nurani, suara dari dalam, pembimbing dan pengambilan keputusan dan pengendalian perilaku.
1.2  Rumusan Masalah
1.2.1        Apa pengertian disiplin ?
1.2.2        Bagaimana definisi disiplin menurut para ahli ?
1.2.3        Apa saja bentuk pelanggaran siswa terhadap kedisiplinan ?
1.2.4        Bagaimana kesadaran akan disiplin di ruang lingkup SMA 2 Ciamis ini ?
1.2.5        Apa saja faktor dan penyebab kedisiplinan siswa berkurang ?
1.3  Tujuan Penelitian
1.3.1        Untuk mengetahui pengertian disiplin menurut beberapa ahli
1.3.2        Untuk mengetahui kadar kedisiplinan siswa di SMA 2 Ciamis
1.3.3        Untuk mengetahui faktor kurangnya kedisiplinan siswa
1.3.4        Untuk mengetahui sebab sebab kurangnya kedisiplinan siswa
1.4  Manfaat Penelitian
1.4.1        Diketahuinya pengertian disiplin menurut beberapa ahli
1.4.2        Tumbuh dan berkembangnya rasa akan pentingnya kedisiplinan
1.4.3        Diketahuinya faktor kurangnya kedisiplinan siswa
1.4.4        Sadarnya rasa disiplin serta patuh terhadap aturan yang ada




BAB 2
KAJIAN PUSTAKA
2.1Kajian Teoritis
2.1.1        Pengertian disiplin
Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Disiplin akan membuat seseorang tahu dan dapat membedakan hal-hal apa yang seharusnya dilakukan, yang wajib dilakukan, yang boleh dilakukan, yang tak sepatutnya dilakukan (karena merupakan hal-hal yang dilarang). Bagi seorang yang berdisiplin, karena sudah menyatu dalam dirinya, maka sikap atau perbuatan yang dilakukan bukan lagi dirasakan sebagai beban, namun sebaliknya akan membebani dirinya apabila ia tidak berbuat disiplin. Nilai-nilai kepatuhan telah menjadi bagian dari perilaku dalam kehidupannya. Disiplin yang mantap pada hakikatnya akan tumbuh dan terpancar dari hasil kesadaran manusia. Sebaliknya, disiplin yang tidak bersumber dari kesadaran hati nurani akan menghasilkan disiplin yang lemah dan tidak akan bertahan lama, atau disiplin yang statis, tidak hidup (Djojonegoro dalam Soemarmo, 1998: 20-21).
Suratman memberikan pengertian disiplin sebagai suatu ketaatan yang sungguh-sungguh dan didukung oleh kesadaran untuk menunaikan tugas dan kewajiban serta sikap dan perilaku sesuai dengan aturan atau tata kelakuan yang semestinya di dalam suatu lingkungan tertentu (Suratman, 1999: 32). Perilaku disiplin seperti tepat waktu, tertib, jujur, tepat janji dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari (Muhamad, 2003: 13).
Kedisiplinan adalah hal mentaati tata tertib di segala aspek kehidupan, baik agama, budaya, pergaulan, sekolah, dan lain-lain. Dengan kata lain, kedisiplinan merupakan kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku individu yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Hal ini berdasarkan pada pengertian dalam Kamus besar Bahasa Indonesia (1988: 208), yang berasal dari kata “disiplin” berarti ketaatan atau kepatuhan kepada peraturan tata tertib dan sebagainya. Ki Hajar Dewantoro (1967: 453) menyebutkan bahwa disiplin tak lain adalah peraturan tata tertib yang dilakukan secara tegas dan ketat. Dari pengertian dasar tersebut, kemudian berlanjut dengan istilah kedisiplinan yang    dapat diartikan sebagai keadaan yang taat kepada peraturan tata tertib.

Selaras dengan pengertian kedisiplinan tersebut, Suradisastra (1991: 29) pun menjelaskan bahwa: kedisiplinan berasal dari kata “disiplin” yang berarti sikap untuk menepati apa yang telah dijanjikan, apa yang telah direncanakan. Kemudian dijelaskan pula, bahwa: disiplin mengandung makna keteguhan hati, kekuatan jiwa, tidak mudah tergoda oleh hal-hal yang dapat mencelakakan dirinya. Keberhasilan dalam suatu usaha atau dalam mencapai cita-cita akan tergantung kepada dimiliki tidaknya sikap disiplin. Orang yang berdisiplin akan berperilaku apa yang seharusnya diperbuat, tidak mengada-ada, tidak dilebih- lebihkan tetapi juga tidak dikurangi dari keadaan yang sebenarnya. Diam tepat pada pijakannya, melangkah tepat gerakannya, melaju sesuai arahnya. Sikap disiplin dapat dilakukan untuk setiap perilaku, seperti disiplin dalam belajar, disiplin dalam bekerja, disiplin dalam beraktivitas lainnya seperti dalam hal olahraga.
Westra (1977: 96), mengemukakan pengertian kedisiplinan sebagai “Suatu keadaan tertib dimana orang-orang yang tergabung di dalam organisasi tunduk pada peraturan-peraturan yang ada dengan rasa senang hati”.    Pendapat itu menunjukkan bahwa disiplin merupakan ketaatan dan kepatuhan pada peraturan yang dilakukan dengan rasa senang hati, bukan karena dipaksa atau terpaksa.
2.1.2        Pengertian disiplin menurut para ahli
1.      Menurut Siswanto “2001”
Memandang bahwa disiplin ialah suatu sikap menghormati, menghargai, patuh, dan taat terhadap peraturan-peraturan yang berlaku, baik yang tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak mengelak untuk menerima sanksi-sanksinya apabila ia melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya.
2.      Menurut Flippo “Dalam Atmodiwirjo, 2000”
Mengemukakan bahwa disiplin ialah setiap usaha mengkoordinasikan perilaku seseorang pada masa yang akan datang dengan mempergunakan hukum dan ganjaran.
Definisi diatas memfokuskan pengertian disiplin sebagai usaha untuk menata perilaku seseorang agar terbiasa melaksanakan sesuatu sebagaimana mestinya yang dirangsang dengan hukuman dan ganjaran.
3.      Menurut Atmosudirjo “Dalam Atmodiwirjo, 2000”
Mendefinisikan disiplin sebagai bentuk ketaatan dan pengendalian diri erat hubungannya rasionalisme, sadar, tidak emosional. Pendapat ini mengilustrasikan bahwa disiplin sebagai suatu bentuk kepatuhan terhadap aturan melalui pengendalian diri yang dilakukan melalui pertimbangan yang rasional.
4.      Menurut Depdiknas “2001”
Mendifinisikan disiplin atau tertib ialah suatu sikap konsisten dalam melakukan sesuatu, menurut pandangan ini disiplin sebagai suatu sikap konsisten dalam melakukan sesuatu. Menurut pandangan ini disiplin sebagai sikap yang taat terhadap sesuatu aturan yang menjadi kesepakatan atau telah menjadi ketentuan.
5.      Menurut Fathoni “2006”
Kedisiplinan dapat diartikan bila mana pegawai selalu datang dan pulang pada tepat waktu yang ditentukan oleh kepala menajer, pimpinan dari masing-masing instansi.
6.      Menurut Hasibuan “2002”
Disiplin ialah suatu sikap menghormati dan menghargai suatu peraturan yang berlaku, baik secara tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak menolak untuk menerima sanksi-sanksi apabila dia melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya.
7.      Menurut James Drever “Dari sisi psikologis”
Disiplin ialah kemampuan mengendalikan perilaku yang berasal dari dalam diri seseorang sesuai dengan hal-hal yang telah diatur dari luar atau norma yang sudah ada. Dengan kata lain, disiplin dari segi psikologis merupakan perilaku seseorang yang muncul dan mampu menyesuaikan diri dengan aturan yang telah ditetapkan.
8.      Menurut Pratt Fairshilf “Dari sisi sosiologi”
Disiplin terdiri dari dua bagian, yaitu disiplin dari dalam diri dan juga disiplin sosial. Keduanya saling berhubungan satu sama lain, sehingga seseorang yang mempunyai sikap disiplin merupakan orang-orang yang dapat mengarahkan perilaku dan perbuatannya berdasarkan patokan atau batasan tingkah laku tertentu yang diterima dalam kelompok atau lingkup sosial masing-masing. Pengaturan tingkah laku tersebut bisa diperoleh melalui jalur pendidikan dan pembelajaran.
9.      Menurut John Macquarrie “Dari segi etika”
Disiplin ialah suatu kemauan dan perbuatan seseorang dalam mematuhi seluruh peraturan yang telah terangkai dengan tujuan tertentu.
2.1.3        Tujuan pentingnya disiplin di sekolah
Brown dan Brown (www.azamsite.com) mengemukakan pentingnya disiplin dalam proses pendidikan dan pembelajaran untuk mengajarkan hal-hal sebagai berikut.
1.      Rasa hormat terhadap otoritas/kewenangan.
Disiplin akan menyadarkan setiap siswa tentang kedudukannya, baik di kelas maupun di luar kelas, misalnya kedudukannya sebagai siswa yang harus hormat terhadap guru dan kepala sekolah atau personil sekolah lainnya.
2.      Upaya untuk menanamkan kerja sama.
Disiplin dalam proses belajar mengajar dapat dijadikan sebagai upaya menanamkan kerjasama, baik antara siswa, siswa dengan guru, maupun siswa dengan lingkungannya.
3.      Kebutuhan untuk berorganisasi.
Disiplin dapat dijadikan sebagai upaya menanamkan dalam diri setiap siswa mengenai kebutuhan berorganisasi.
4.      Rasa hormat terhadap orang lain.
Dengan ada dan dijunjung tingginya disiplin dalam proses belajar mengajar, setiap siswa akan mengetahui dan memahami tentang hak dan kewajibannya, serta akan menghormati dan menghargai hak dan kewajiban orang lain.
5.      Kebutuhan untuk melakukan hal yang tidak menyenangkan.
Melalui disiplin, siswa dipersiapkan untuk mampu menghadapi hal-hal yang kurang atau tidak menyenangkan dalam kehidupan pada umumnya dan dalam proses belajar mengajar pada khususnya.
Kedisiplinan siswa dalam belajar sangatlah penting, oleh karena itu adanya sikap disiplin yang tertanam pada siswa mempunyai tujuan agar dapat menjaga hal-hal yang menghambat atau mengganggu kelancaran proses belajar-mengajar, juga dapat membuat anak didik terlatih dan mempunyai kebiasaan yang baik serta bisa mengontrol setiap tindakannya sehingga akan membentuk pribadi yang mempunyai ciri-ciri yang berbeda.
Serta menurut pendapat beberapa pakar, bahwa tujuan disiplin adalah
1.      Dalam bukunya Subari, disiplin mempunyai tujuan untuk penurutan terhadap suatu peraturan dengan kesadaran sendiri untuk terciptanya peraturan itu.
2.      Dalam bukunya Emile Durkeim, disiplin mempunyai tujuan ganda yaitu: mengembangkan suatu peraturan tertentu dalam tindak tanduk manusia dan memberinya suatu sasaran tertentu dan sekaligus membatasi cakrawalanya.
3.      Menurut Kartini Kartono, “menanamkan disiplin pada anak untuk menolong anak memperoleh keseimbangan antara kebutuhannya untuk berdikari dan penghargaan terhadap hak-hak orang lain.
4.      Sahertian menyatakan bahwa tujuan disiplin adalah
a.       Menolong anak menjadi matang pribadinya dan berubah dari sifat ketergantungan ke arah tidak ketergantungan
b.      Mencegah timbulnya persoalan-persoalan disiplin dan menciptakan situasi dan kondisi dalam belajar mengajar supaya mengikuti segala peraturan yang ada dengan penuh perhatian.
5.      Muhtar Yahya berpendapat, tujuan disiplin adalah bahwa perkembangan dari pengembangan diri sendiri dan pengarahan diri sendiri tanpa pengaruh atau kendali dari luar.
2.1.4        Pentingnya disiplin saat kegiatan belajar mengajar
Ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung, kadang-kadang siswa berprilaku tidak disiplin, sehingga mendatangkan masalah bagi guru dan teman-temannya. Padahal guru tidak mengharapkan berhadapan dengan masalah-masalah ketidakdisiplinan selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Sejalan dengan masalah disiplin, Oteng Sutisna menjelaskan, Disiplin merupakan aspek esensial bagi semua kegiatan kelompok yang terorganisasi.  Dalam arti, disiplin itu merupakan aspek yang penting atau urgent.
a.       Disiplin Mengatur dan Mengarahkan pada Pencapaian Tujuan Belajar
Disiplin itu merupakan suatu sikap mental yang didasarkan atas kesadaran dan keikhlasan seseorang untuk mematuhi peraturan. Sikap itu akan mengarahkan dan mengatur segala aktivitas serta motivasi yang ditimbulkan kearah yang memungkinkan pencapaian tujuan secara efektif. Menurut pendapat Hasan Langgulung Kalau motivasi bergandengan dengan disiplin, itu berarti sudah tepat.  Sebab yang pertama bergerak dengan cepat dan kuat, sedangkan yang kedua mengatur dan memelihara agar motivasi mempunyai arah dan tujuan tertentu. Jadi kegiatan belajar itu tidak cukup dengan aktivitas dan motivasi saja, melainkansiswa harus mengikuti secara layak tata perilaku yang diharapkan, sehingga tujuan yang telah ditentukan dapat tercapai.
b.      Disiplin Merupakan Asas dalam Cara Belajar
Asas dalam belajar yang baik ialah disiplin. Dengan jalan disiplin untuk melaksanakan pedoman-pedoman yang baik dalam usaha belajar, barulah seseorang mungkin mempunyai cara belajar yang baik. Sifat malas-malasan, keinginan mencari gampangnya saja, seseganan untuk bersusah payah memusatkan pikiran, kebiasaan untuk melamun dan gangguan-gangguan lainnya selalu menghinggapi kebanyakan siswa. Gangguan itu hanya bisa diatasi kalau siswa mempunyai disiplin.
Belajar setiap hari secara teratur hanya mungkin dijalankan kalau seorang siswa mempunyai disiplin untuk menaati rencana kerja yang tertentu. Godaan-godaan yang dimaksud menangguhkan usaha belajar samapai sudah dekat waktu ujian, hanya bisa dapat dihalau ia mendisiplin dirinya.
Uraian di atas menunjukkan bahwa dengan disiplin seseorang akan dapat menghindari gangguan-gangguan dalam melaksanakan rencana belajar dengan teratur. Dan dengan disiplin pula seseorang akan terbiasa melakukan kegiatan belajar secara terarah pada pencapaian tujuan.
c.       Disiplin Membentuk Keteraturan
Disiplin akan menciptakan kemauan seseorang untuk belajar secara teratur, dalam arti kemampuan bekerja secara teratur dapat disebabkan oleh kebiasaan disiplin seseorang dalam bekerjanya. Jika dikaitkan dengan masalah-masalah perbuatan belajar dan juga perbuatan-perbuatan lainnya memerlukan aktivitas yang teratur, dilaksanakan setahap demi setahap sehingga pada akhirnya apa yang dicita-citakan dapat terwujud. Sikap itu juga akan mengarahkan dan mengatur segala bentuk aktivitas secara motivasi yang ditimbulkan ke arah pencapaian tujuan secara efektif.
d.      Disiplin Membentuk Watak yang Baik
Disiplin selai membuat siswa memiliki kecakapan mengenai cara belajar yang baik juga merupakan proses ke arah pembentukan watak yang baik, dan watak yang baik pada seseorang akan menciptakan suatu pribadi yang luhur yang diridhai oleh Allah SWT dan sangat diperlukan di masyarakat. Disiplin selain membuat siswa memiliki kecakapan mengenai cara belajar yang baik, juga merupakan proses ke arah pembentukan watak yang baik.
Berdasarkan uraian di atas dapat dipahami bahwa disiplin penting bagi berlangsungnya kegiatan belajar. Jenis disiplin yang harus dimiliki siswa adalah disiplin diri. Dari sudut pandang sosiologis dan psikologis disiplin diri adalah suatu proses perubahan atau proses belajar individu secara progresif untuk mengembangkan kebiasaan penguasaan diri serta mengakui tanggung jawab pribadi terhadap masyarakat.
Intensitas disiplin seseorang akan tinggi, karena orang tersebut mempunyai kesadaran yang tinggi terhadap pelaksanaan disiplin dan dirasakan ada manfaatnya bagi dirinya dan orang lain serta menganggap penting untuk dilaksanakan. Intensitas belajar seseorang rendah karena orang tersebut tidak mempunyai kesadaran untuk melaksanakan disiplin dan menganggap hal tersebut tidak akan menghasilkan apa-apa bagi dirinya. Demikian juga dalam intensitas disiplin belajar, secara teoritik dapat diduga hasilnya akan bervariasi.
2.1.5        Manfaat disiplin di sekolah
1.      Memberikan rasa aman
Kedisiplinan tentu akan memberikan rasa aman dan nyaman, apabila semua penduduk di Sekolah dapat mematuhi area kedisiplinan ini maka setiap sekolah akan merasakan aman dan nyaman dalam melaksanakan pembelajaran. Kedisiplinan tidak hanya dilakukan oleh siswa saja, tetapi kedisiplinan harus dilakukan oleh semua warga yang ada di sekolahan. Termasuk para wali murid, yang harus disiplin untuk menjaga anaknya dan mengasuh anaknya menjadi pribadi yang berkarakter. Rasa aman dalam sekolah juga dapat dilihat dari warga sekolah yang melakuakn segalah sesuatu dengan musyarah, karena sangat banyak manfaat musyawarah yang penting untuk kehidupan.
2.      Melatih tanggung Jawab
Selain manfaat hidup mandiri, manfaat disiplin pun akan dapat melatih tanggung jawab seseorang atas apa yang telah diperbuat. Orang akan menjadi disiplin itu artinya mereka mentaati aturan yang ada, hal in menunjukan bahwa individu itu bertanggungjawab atas dirinya dengan mematuhi aturan – aturan yang ada sehingga menjadi individu yang disiplin. Tentu hal seperti ini baik bila diajarkan sejak dini. Agar anak-anak kelak menajadi anak yang bertanggungjawab dan disiplin.
3.      Menjadi Anak teladan
Di sekolah tentu ada anak teladan, anak teladan tidak hanya dilihat dari kepandaiaannya saja, tetapi juga dilihat dari bagaimana ia menjalankan kehidupan atau berperilaku terhadap teman-temannya dikesehariaannya. Hal ini tentu tidak jauh dari sikap disiplin yang harus dimiliki oleh siswa, sikap disiplin seperti ini akan membantu siswa menjadi anak teladan.
4.      Menjadi Anak yang Berprestasi
Bukan tidak mungkin seorang yang memiliki kedisiplinan tinggi akan mendapatkan prestasi yang melimpah, entah itu prestasi dari bidang karakter ataupun dari bidang pendidikannya, karena pada dasarnya prestasi ini memang di dongrak dengan sikap disiplin dari seorang siswa siswinya, salah satunya adalah disiplin dalam waktu. Menghargai waktu dan terus belajar. Sehingga akan membuat siswa sekolah menjadi pandai dan berprestasi.
5.      Kegiatan Belajar Mengajar lebih Efektif
Banyak siswa kadang tidak disiplin dalam pelajaran, sehingga siswa sering ribut ketika guru yang menerangkan, hal ini tentu karena siswa tidak memiliki rasa tanggungjawab dan disiplin terhadap apa yang sudah dituliskan dalam peraturan. Maka dari itu perlunya pendisiplinan agar Kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif.
6.      Melatih Siswa untuk beketrampilan dalam lingkungan sosial
Kedisiplinan tidak hanya dilakuakan disekolah saja, tetapi sikap disiplin perlu dimiliki untuk diterapkan dilingkungan sosial, sehingga perilaku disiplin ini tidak hanya dilakukan sekali saja, namun harus menjadi adat kebiasaan seorang individu agar meraka juga dapat disiplin di lingkungan sosial. Karena terkadan seorang yang sudah masuk dalam lingkungan sosial perlu banyak penyesuaian terhadap berbagai maca karakter individu. Namun dengan kedisiplinan akan membuat seorang mudah dalam memahami setiap karakter individu.
7.      Meningkatkan rasa persatuan dan kebersamaan
Hal ini dapat dibuktikan dalam disiplin waktu, seorang yang meningkatkan rasa persatuan dan kebersamaan adalah dengan disiplin waktu, yaitu mampu menghargai waktu teman yang lainnya sehingga akan menghindari keributan karena saling menunggu, dengan disiplin waktu segala hal akan mudah selesai.

2.2Kerangka Pemikiran
Disiplin itu berasal dari Bahasa Latin “discipline” yang berarti “latihan atau pendidikan kesopanan dan kerokhanian serta pengembangan tabiat.”
Secara terminologi, beberapa pakar yang mendefinisikan disiplin diantaranya adalah Soegarda Poerbakawatja yang mendefinisikan disiplin sebagai suatu tingkat tata tertib tertentu untuk mencapai kondisi yang baik. Hal ini berguna dalam rangka memenuhi fungsi pendidikan. Sedangkan Tulus Tu’u mendefinisikan kedisiplinan sebagai sebuah kesadaran diri yang muncul dari batin terdalam seseorang untuk mengikuti sekaligus mentaati nilai- nilai, peraturan-peraturan, dan hokum- hukum yang berlaku dalam suatu lingkungan. Kesadaran dimaksud antara lain, bahwa jika dirinya berdisiplin, maka hal itu akan memberi dampak yang baik pula bagi keberhasilan dirinya di masa mendatang.
Dari kedua definisi diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa disiplin merupakan suatu sikap yang menunjukkan kesediaan seseorang untuk mematuhi dan menepati sekaligus mendukung ketentuan, tata tertib, nilai, peraturan, serta kaidah- kaidah yang berlaku.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disiplin memiliki arti :
1.      Tata tertib (di sekolah, kemiliteran, dan sebagainya)
2.      Ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan (tata tertib dan sebagainya)
3.      Bidang studi yang memiliki objek, sistem, dan metode tertentu
2.3Hipotesis
Dugaan sementara bahwa kurangnya kedisiplinan siswa adalah dari faktor teknologi serta faktor lingkungan yang memiliki pengaruh sangat besar terhadap kedisiplinan siswa.




BAB 3
METODOLOGI PENELITIAN
3.1  Waktu dan Tempat Penelitian
Kami melakukan penelitian setelah jam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), yaitu pukul 15.00 WIB. Bertempat di kantor SMAN 2 Ciamis dan beberapa ruangan kelas di SMAN 2 Ciamis.
3.2  Metode dan Rancangan Penelitian
Dalam melakukan penelitian ini kami melakukan penelitan dengan metode wawancara dengan beberapa orang siswa.
3.3  Populasi dan Sampel Penelitian
Kami melakukan penelitian melalui wawancara dengan salah satu guru di SMAN 2 Ciamis serta sampel penelitian beberapa orang siswa untuk ditanya tentang kadar kedisiplinan siswa di SMAN 2 Ciamis.
3.4  Instrumen Penelitian
Variabel bebas             : Disiplin
Variabel terikat           : Kurangnya Kedisiplinan Siswa
Variabel kontrol          : Siswa, internet.
Pertama, melakukan wawancara dengan salah satu guru di SMAN 2 Ciamis. Kedua, berwawancara mengenai hal yang dibahas yaitu Kurangnya Kedisiplinan Siswa. Ketiga, melakukan wawancara dengan beberapa siswa untuk mengetahui kadar kedisiplinan siswa di SMAN 2 Ciamis.
3.5  Metode Pengumpulan Data
1.      Internet
Mencari berbagi sumber dari internet.
2.      Deskriftif
Metode penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlansung saat ini atau saat yang lampau. Menjelaskan gejala-gejala yang telah ada seperti mengenali masalah dan memeriksa kondisi serta pratek yang masih berlaku.
3.      Survey
Mengumpulkan data atau informasi tentang populasi yang besar dengan menggunakan sampel yang relatif kecil.
4.      Teori Dasar
Pendekatan yang memungkinkan peneliti untuk mengembangkan atau menemukan teori yang didasarkan pada studi fenomena.
5.      Wawancara
Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara peneliti dan narasumber.






BAB 4
HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil Penelitian
Setelah melakukan wawancara dengan salah satu guru di SMA N 2 Ciamis yang menyatakan bahwa kedisiplinan siswa masih kurang. Pertama, kebiasaan di rumah siswa bisa terbawa ke sekolah. Kedua, pola asuh dari orang tua juga mempengaruhi tingkah laku siswa dan psikis dari siswa tersebut. Yang lebih dominan adalah lingkungan, orang tua, teman-teman sekelasnya, termasuk juga media sosial yang paling berpengaruh. Keseharian siswa sekarang lebih ke dalam teknologi terutama HP, saat mengajar pun guru menerangkan tapi masih ada saja siswa yang menggunakan HP untuk kepentingan lain dalam arti bukan untuk pelajaran.
Jika kita mengikuti aturan kepribadian kita akann lebih baik lagi dan tertata rapi. Moralitasnya masih kurang, tidak bisa menghargai orang tua, guru ataupun diri sendiri. Seperti berpakaian rapi, bertutur kata yang baik.
Permasalahan sekarang lebih ke media sosial, siswa yang lebih bermasalah itu kebanyakan dari yang broken home. Kurangnya penerapan kedisiplinan di rumah dan lingkungan. Pemahaman moralitas dari zaman sekarang juga kurang. Media sosial juga memiliki nilai positif tapi tergantung asumsi/penggunaan dari kita juga.
Mayoritas kedisiplinan yang masih kurang adalah etika, kesopanan, tidak berpakaian rapi., rambut yang tidak rapi.
Cara menanggulanginya dengan memberi pemahaman dan bimbingan, guru juga harus mencontohkan kepada siswa, siswa juga harus menghargai aturan yang ada.

 4.2Tabel Penelitian


No.
Nama
Tingkat Kedisiplinan Siswa SMAN 2 Ciamis
Alasan
Sangat kurang
Kurang
Cukup
Bagus
Sangat bagus
1.
Murid 1
ü   




1.      Kesiangan
2.      Jika ada kegiatan tidak semua ikut berpartisipasi
3.      Masih ada yang melanggar aturan. Contohnya baju dikeluarkan, ke kantin saat jam pelajaran
2.
Murid 2


ü   



3.
Murid 3


ü   


Ada beberapa siswa yang menerapkan sikap Senyum, Salam, Sapa
4.
Murid 4
ü   




Karena banyak dipengaruhi oleh teknologi
5.
Murid 5

ü   




6.
Murid 6
ü   





7.
Murid 7

ü   



Masih kurang dalam etika dan kesantunan/kesopanan
8.
Murid 8

ü   



Terpengaruh oleh perkembangan zaman, dan prilaku kebarat-baratan
9.
Murid 9


ü   



10.
Murid 10


ü   




 
4.3 Pembahasan Penelitian
Dari beberapa sampel tersebut disimpulkan bahwa 30% siswa mengatakan bahwa tingkat kedisiplinan siswa masih sangat kurang. Dipengaruhi oleh faktor kesiangan dan tidak aktif berpartisipasi dalam beberapa kegiatan.
Dari 10 orang, 30% menagatakan bahwaa tingkat kedisiplinan siswa masih kurang terutama dalam etika berbicara dengan orang lain baik antar siswa ataupun dengan yang lebih tua. Dalam arti lain kesantunan berbahasanya masih kurang.
Serta 40% siswa mengatakan bahwa kedisiplinan siswa sudah cukup dilihat dari faktor etika ada beberapa siswa yang menggunakan prinsip Senyum, Salam, Sapa, itu sudah cukup bagus dalam tingkat kedisiplinan.

A.    Faktor Internal
Faktor internal merupakan faktor yang berada dalam diri setiap warga sekolah, baik kepala sekolah, guru, karyawan dan siswa. Oleh karenanya, faktor internal ini meliputi:
1.      Minat
Minat ialah kesediaan dari dalam jiwa yang sifatnya aktif untuk menerima sesuatu dari luar. Seorang pendidik atau siswa yang memiliki perhatian yang cukup serta kesadaran yang baik terhadap segala aturan-aturan yang ditetapkan oleh sekolah, sedikit banyak akan berpengaruh pula terhadap kesadaran mereka untuk melakukan perilaku disiplin di lingkungan sekolah.
2.      Emosi
Emosi merupakan suatu keadaan dalam diri seseorang yang mempengaruhi dan menyertai penyesuaian di dalam diri secara umum, Keadaan ini merupakan penggerak mental dan fisik bagi setiap individu dan dapat diobservasi melalui tingkah laku. Emosi merupakan warna afektif yang selalu menyertai setiap keadaan atau perilaku individu. Warna afektif dimaksud adalah perasaan-perasaan tertentu yang dialami oleh seseorang pada saat menghadapi situasi tertentu. Contoh: bahagia, gembira, terkejut, benci, putus asa, dan sebagainya. Zakiah Darajat menjelaskan bahwa emosi memegang peranan penting dalam setiap sikap dan tindak agama. Tidak ada satupun sikap atau tindak agama seseorang yang dapat dipahami, tanpa mengindahkan emosinya.
Emosi akan sangat menentukan terhadap kedisiplinan di lingkungan sekolah. Mengapa? karena emosi mampu menggerakkan rasa kepedulian para guru dan siswa ataupun segala komponen sekolah lainnya dalam menaati peraturan yang telah ditetapkan di lingkungan sekolah.
B.     Faktor Eksternal
Faktor eksternal merupakan faktor luas yang akan sangat berpengaruh terhadap kedisiplinan di lingkungan sekolah. Faktor ini meliputi hal- hal sebagai berikut:
1.      Sanksi dan Hukuman
Kartini Kartono menyatakan bahwa hukuman merupakan perbuatan yang secara intensional diberikan kepada seseorang sehingga akan menyebabkan penderitaan lahir batin. Sekalipun hal ini dilakukan untuk membuka hati nurani dan penyadaran seseorang akan kesalahannya”.
Fungsi hukuman dalam konteks pendidikan adalah sebagai alat untuk memberikan sanksi kepada para guru, siswa dan komponen- komponen launnya yang ada di sekolah terhadap pelanggaran yang telah dilakukan. Sanksi atau hukuman ini dilakukan sebagai bentuk penyadaran. Hal ini sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh Suharsimi Arikunto dalam teori sistem motivasinya. Ia menyatakan bahwa jika seorang individu mendapat hukuman, maka akan terjadi perubahan dalam sistem motivasi diri individu yang bersangkutan. Perubahan motivasi dimaksud akan mengakibatkan penurunan pada setiap individu dalam mengulangi perilaku dan tindakan yang berhubungan dengan timbulnya suatu hukuman kepada yang bersangkutan.
2.      Situasi dan Kondisi Sekolah
Jalaluddin Rakhmat menyatakan bahwa faktor situasional akan sangat berpengaruh pada pembentukan perilaku setiap manusia. Seperti faktor ekologis, faktor rancangan dan arsitektural, faktor temporal, suasana perilaku dan faktor sosial. Tetapi manusia akan mampu memberikan reaksi yang berbeda- beda terhadap situasi yang dihadapinya. Hal ini sesuai dengan karakteristik personal yang dimilikinya. Perilaku manusia merupakan hasil interaksi yang tentu sangat menarik berkaitan dengan keunikan individu dan keunikan situasional.




BAB 5
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Disiplin di sekolah itu sangat diperlukan. Karena dalam aplikasinya, kedisiplinan sangat berguna sebagai tolak ukur mampu atau tidaknya seseorang dalam mentaati aturan yang sangat penting bagi stabilitas kegiatan belajar mengajar. Selain itu sikap disiplin sangat diperlukan untuk di masa depan bagi pengembangan watak dan pribadi seseorang, sehingga menjadi tangguh dan dapat diandalkan bagi seluruh pihak.
Terutama disiplin dalam etika dan kesopanan merupakan salah satu hal yang sangat sulit diperbaiki di zaman sekarang, karena ada pengaruh dari teknologi, perkembangan zaman, juga faktor lingkungan.
5.2 Saran
Untuk kedepannya siswa perlu ditingkatkan lagi pemahaman tentang etika dan kedisiplinan. Serta membatasi dalam penggunaan teknologi agar tidak terjerumus ke dalam hal negatif.


DAFTAR PUSTAKA




LAMPIRAN-LAMPIRAN



BIODATA PENULIS

Nama Lengkap            : Muhammad Raihan Indraguna
Alamat                        : Dusun Sukasenang RT 02 RW 01, Desa Sindangmukti, Kecamatan Panumbangan, Ciamis
Profesi :
Pelajar di SMA N 2 Ciamis, kelas XI MIPA 5
Riwayat Pendidikan :
  1. TK Mekar Tanjung
  2. SD N 2 Sindangmukti
  3. SMP N 1 Panumbangan

No comments :

Post a Comment