Pages

Sunday, July 16, 2017

Ceritaku

Sebenernya sih aku aku mau gak mau untuk nyeritain ini tapi yaa udah lahh aku ceritain aja. Langsung aja ke ceritanya. Maaf yaa sebelumnya kalau ceritanya gak nyambung atau apalah, karena aku pake bahasa sendiri biar lebih enak. Ini juga aku baru belajar.
Semua berawal ketika aku akan menghadapi Ujian Nasional ketika SMP. Seperti biasanya aku bangun, merapikan tempat tidur, sholat, dan sarapan. Aku sudah terbiasa berjalan kaki dan menunggu angkutan umum lewat, karena sekolahku cukup jauh dari rumah. Aku kadang suka mengajak temanku untuk sama sama pergi ke sekolah. Ketika disekolah yaa.. seperti biasa aku selalu datang paling pagi, aku gak tau sih aku yang datang pagi atau teman temanku yang datangnya emang sengaja siang.
Semenjak akan menghadapi UN pelajaran memang sudah dikurangi karena hanya untuk mata pelajaran yang di UN kan. Disaat seperti itu memang bosan sih karena kan setiap sehari pelajaran nya Cuma satu, jadi sudah mulai ada yang pas guru nyeritain di depan ada yang ini lah itu lah. Aku waktu itu sudah mengatasinya dengan buku untuk belajar UN pilihanku yaa.. sekitar lima buku lah, itu juga bukunya dari bibiku karena ditempatku gak ada buku seperti itu.
Disaat menjelang UN teman temanku malah mengajak, ehh bukan mengajak sihh tapi mengajarkan atau membimbing teman saya untuk nanti UN. Teruma temanku yang satu ini Nira, Fitri, dan Ina. Iyaa... tuh mereka tuh sukanya datang ke rumah saya hanya untuk mendapat bimbingan sekalian juga belajar bareng kan biar lebih greget nanti pas UN.
“ehh Raihan aku mau ke rumahmu boleh yaaa, ayolahh kita belajar barengan.” Kata Nira (dengan wajah yang sangat menginginkan)
“iyaa dong ahh kamu mah masa gak mau bagi bagi ilmu gitu sama kita kita.” Fitri menambahkan
“iyaa iyaa mau jam berapa ? pulang sekolah aja yaa biar langsung.” Aku menjawab.
“ah aku mah menurut aja apa kata kalian, tapi aku mah nyusul yaa soalnya aku mau main dulu bentar sama temenku.” Jawab Ina... Waktu itu sih sebenarnya aku gak mau tapi yaa karena mereka yang maksa ya udahlah bagi bagi ilmu.
                Pulang sekolah mereka langsung menuju ke rumahku macem macem lahh ada yang naik motor lahh, ada yang dianter lahh sama pacarnya. Kebetulan aku sedang dirumah waktu itu karena kan mau UN jadi aku punya jadwal sendiri misalnya sepulang sekolah aku harus istirahat dulu bentar, terus langsung baca buku dan ngerjain soal soal UN dan saat itu aku masih merahasiakan buku ku pada teman temanku.
“Raihannn...” mereka menyaut dari luar. “ehh.. kalian, yu duduk di teras aja yah biar lebih luas.” Aku masuk ke dalam untuk mengambil beberapa buku tulis yang sudah dipelajari pas waktu disekolah, dan juga beberapa soal soal yang dikasih oleh guru bukan dikasih sih sebenarnya kamiyang minta biar ada banyak referensi soal UN taun kemarin. “mana Ina, kok belum kesini ?” Kata saya sambil melihat ke depan dekat gerbang. “ohh si  Ina ?, Ina mah pasti main dulu ke temennya.” Jawab Nira.
“yahh bentar lagi UN tapi masih main yaa...ah udahlah” kata Fitri sambil tertawa sedikit. “Hann.. aku boleh minta bantal atau guling gituu biar bisa sambil tiduran, kayaknya enak banget nihh suasananya juga sejukk..hehe...” Nira meminta sambil tertawa. “masa sambil tiduran sih gak fokus nanti..” sambil tertawa dan aku mengambil beberapa bantal.
                Aku pun langsung mengajari sambil aku juga belajar waktu itu dan mengerjakan beberapa soal soal. Ina pun datang “heyy maaf ya telat. Hehe”. Ina datang dengan membawa beberapa buku tulis. “kemana aja yey kita mah udah sampai sini ?” Kata Fitri sambil menunjuk ke arah soal. “maaf aku tadi habis dari alun alun bentar kok, hmm yuk lanjutin lagii..” Mereka melanjutkannya lagi sambil memakan beberapa camilan yang sudah aku sediakan untuk mereka.
                Setelah selesai mereka membereskan buku buku mereka dan yaaa biasa lah selfie selfie dulu di teras yang ini lah yang itu lahh. “Hann. Kami mau  pulang yaa !! mana ibumu ? mau pamitan dulu.”
“ohh iya bentar yaa.” Aku masuk kedalam dan memanggil ibuku karena mereka mau pulang jam juga udah menunjukan jam 3 sore. Setelah mereka pulang aku mandi dan makan sore karena biasa lah keringat. Aku lalu langsung membaca beberapa buku lagi di kamar dengan pintu yang ditutup rapat karena yaa aku punya adik tiga.
                Keesokan harinya entah kenapa perutku sangat sakit, itu sekitar dua minggu sebelum UN yaa. Aku berkata kepada ibuku dan aku langsung dibawa ke dokter. Kata dokter jangan makan yang pedas pedas ehh (sebenarnya aku suka pedas), jangan telat makan, dan harus makan sehat apalagi kan mau UN. Iyalahh aku menurut saja penyakit maag entah mungkin kata Ibuku sihh turunan dari Nenek juga, sama Ayahku juga. Ibuku berkata “Raihan inget tuh kata dokter, eh nanti mah ikuti kata temen Ibu yang katanya kalau sakit maag itu bisa disembuhin dengan merebus kunyit. Coba deh nanti yaa mau UN masa sakit sihh.” Aku menurut saja meskipun aku mual ketika pertama kali aku minum kunyit yang diblender terus direbus itu ketika aku ke rumah Nenekku.
                Beberapa hari menjelang UN aku mulai resep yang Ibuku bilang meskipun yaa agak aneh, tapi apalah daya itu untuk kesehatanku juga sihh. Teman temanku juga yang melihat saya minum itu agak sedikit aneh dan mual, karena saya meminum nya tidak pakai yang manis manis. Saya juga mengurangi makan yang bakso atau mie. Semenjak itu temen temen yang datang bertambah sekitar tiga orang, Ana (iyaa dia itu murid yang paling pinter dikelasnya yang selalu dari kelas satu SMP dia dapet peringkat ke satu), Yani, dan Zaki (dia tuh temen yang suka bareng kalo mau berangkat ke sekolah). Mereka pun mulai belajar bersama yang ini lah yang itulah segala ada. Sampai jam sudah sekitar setengah tiga mereka pamit untuk pulang.
                Keesokan harinya yang biasa ke rumah aku itu pada gak ada, gak tau yahh mungkin  mereka juga udah belajar masing-masing, udahlah. Yang datang hanya Nira. Kebetulan aku waktu itu lagi buat nasi goreng. Dia nanya “Mana yaa nasi goreng yang katanya enakkk itu ?” Nira sepertinya mengejek ku. “Ini nihh udah jadii yeyy” kataku sambil membawa piring nasi goreng. Nira mencicipi sedikit. “Ihh ini mahh kurang garam wuu..” Nira mengejek. “ahh biarlah yang penting seleraku ini tuhh enakk.” “ahh terselahh Raihan aja, hahaha”
                Setelah makan Nira mulai mencoba mengerjakan beberapa soal tanpa arahan dariku. “Hann ini rumusnya apa yaa ?” “hmmm tunggu bentar yaa.” Aku masuk ke dalam rumah lalu keluar lagi. “ohh rumusnya kayak gini nih.” aku menjelaskannya Nira kebingungan aku yakin Nira bertanya tanya apa yang aku lakukan di dalam tadi. “Tadi kamu ngapain di dalam ? kok setelah masuk ke dalam kamu jadi tau rumusnya ?”. “ohh aku tadi liat kalender.”(sedikit tertawa).. “Apaan liat kalender langsung tau kamu pasti liat buku kan ?“ Kata Nira bingung.. “Cuman buku paket ini kok” Aku menunjuk ke buku paket yang ada di sebelahku. “Mana coba emang adaa ?” . “Ada nihhh yey ah sudahlah lanjutin lagi.” Sepertinya Nira masih bertanya-tanya nih yaa aku jelasin waktu itu aku masuk kedalem itu liat buku UN ku disana tuhh udah lengkap materi yang di UN kan dari kelas 7 sampai kelas 9 jadi aku gak susah-susah lagi nyari di buku paket yang numpuk itu (ah kalo banyak mah jadi males baca), jadi aku udah ada rangkuman lengkapnya dengan soal juga jawaban dan penjelasannya. Tuhh aku udah buka rahasia ku semoga dibaca yaa, hahaha.
                Ketika hari minggu dan besoknya itu udah mau mulai UN, waktu itu keluargaku semua nya Ibu, Ayah, dan adik-adik sedang pergi keluar kota untuk datang ke pernikahan Bibiku. Jadi pulangnya hari sekitar hari senin siang. Waktu itu temen-temenku datang dan mau belajar bersama lagi. Yahh kenapa yaa mereka datang itu dadakan banget satu hari sebelum UN padahal dari jauh-jauh hari, aku juga sekitar empat bulan sebelum UN. Mereka belajar seperti biasa dan juga menuliskan beberapa saran rumus dariku. Ketika itu memang dirumahku lagi kosong hanya ada aku jadi aku tidur di rumah nenekku. Selain itu juga aku suka minta diajarin ke anak-anak yang ikutan bimbel, beberapa sihh. Aku nanya ke mereka Nira, Fitri, Ina, kenapa gitu ya mereka itu gak mau nanya  ke anak bimbel. Jawaban mereka hanya gak mau aja mungkin ahh sudahlah itu urusan mereka.
                Nahh semenjak UN hari pertama aku mulai membawa buku rahasia ku tapi juga teman-temanku biasa saja menaggapinya, aku juga liat mereka udah punya buku pengangan masing-masing yaa jadi biasa saja. Karena hari pertama mata pelajaran nya tidak terlalu sulit jadi teman-teman terlihat biasa saja, tapi beberapa juga ada yang kesulitan apalah, soal ini lah, itu lah segala macem. Sepulang sekolah mereka ingin sekali ke rumahku karena yaa besok mata pelajaran paling sulit, hmm kalian juga tau apa itu...Hitung menghitung itu lohh. Jadi mereka habis-habisan belajar di rumahku. Kenapa ya mereka mengerjakan sistem kebut semalam hufft, mungkin itu pikiran mereka katanya kalo dari jauh-jauh hari suka lupa jadi yaa itulah dikebut. Saat itu juga keluarga ku dari luar kota udah pada dateng nihh. Jadi, aku sedikit luangkan waktu dulu.
                Belajar sampe sore bahkan satu orang temanku, Nira uhh dia belajarnya rajin menurut aku mah sampe malem masih ada dirumahku, ohh dia itu nunggu jemputan gak tau lah lupa siapa yang jemputnya sekitar jam tujuh kurang kalo gak salah dia baru pulang tuhh. Malemnya aku belajar uhh sampe lupa jam berapa pokoknya ngerjain banyak banget soal-soal.
                Esoknya yaitu pelajaran hitung-menghitung datang juga seperti biasalah di kelas yaa meskipun ada yang ngawas juga kita selalu nanya meskipun sembunyi-sembunyi biar gak ketahuan. Saya juga duduk paling depan untuk yahh dekat pengawas sihh. Waktu itu juga pengawas nya agak galak jadi kami gak berani berkutik. Setelah selesai mereka keluar dengan wajah ada yang biasa saja bahkan ada yang sampai nangis-nangis gak tau kenapa tuh mungkin kesulitan kayaknya.
                Satu hari, dua hari, sampai UN selesai dan akhirnya kami bisa bebas terjauh dari soal waktu itu juga setelah UN kita libur yeyy. Dan tinggal menunggu keputusan hasil UN nya.


Coming soon Ceritaku yang lainnya...

No comments :

Post a Comment