Pages

Sunday, March 13, 2016

Struktur Teks Biografi dan Prosedur

A.    Teks Biografi
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, biogarfi berarti riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Sebuah biografi lebih komples daripada sekadar daftar tanggal lahir atau data kematian dan data pekerjaan seseorang. Dalam biografi dijelaskan secara lengkap kehidupan tokoh sejak kanak-kanak sampai tua, bahkan hingga tokoh tersebut meninggal. Semua jasa, karya, dan segala aspek yang dilakukan atau dihasilkan oleh seorang tokoh juga dijelaska.
Teks biografi terdiri atas struktur-struktur utama. Struktur-struktur teks tersebut sebagai berikut.
1.    Orientasi
2.    Peristiwa dan masalah
3.    Reorientasi

a.    Orientasi/Pengenalan Tokoh
Orientasi berisi gambaran awaltentang tokoh atau pelaku di dalam teks biografi. Orientasi memberikan pengenalan tokoh secara umum, seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, latar belakang keluarga, dan riwayat pendidikan.
b.    Peristiwa dan Masalah
Dalam bagian ini berisi penjelasan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi atau pernah dialami oleh tokoh, termasuk masalah yang dihadapinya dalam mencapai tujuan dan cita-citanya. Bagian ini mencakup aspek menarik, mengesankan, mengagumkan, dam mengharukan yang dialami tokoh.
c.    Reorientasi
Bagian ini berisi pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan. Reorientasi boleh ada dan boleh tidak ada dalam teks biografi.


B.    Teks prosedur
Kata prosedur berkategori nomina. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1) prosedur berarti tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas; 2) metode langkah demi langkah secara pasti dalam memecahkan suatu masalah. Sementara itu, teks cerita prosedur adalah petunjuk yang berisi langkah-langkah dengan tujuan tertentu.
Teks terdiri atas dua aspek, yaitu bentuk dan isi. Bentuk teks dapat diidentifikasikan beerdasarkan strukturnya. Dengan demikian, struktur merupakan salah satu aspek penting suatu teks, khususnya teks prosedur.
Teks prosedur memilki struktur atau bagian-bagian. Struktur teks prosedur terdiri atas:
1.    Tujuan
2.    Bahan-bahan perlengkapan
3.    Langkah-langkah

a.    Tujuan
Bagian ini berisi tujuan kegiatan. Pembaca teks segera mengetahui tujuan kegiatan pada bagian awal/judul teks.
b.    Bahan-bahan atau Perlengkapan
Bagian ini berisi bahan-bahan atau perlengkapan demi mencapai tujuan.
c.    Langah-langkah
Bagian ini berisi langah-langkah untuk mencapai tujuan kegiatan berdasarkan berbagai bahan atau perlengkapan yang tersedia. Langkah-langkah harus dilakukan secara urut agar tujuan dapat tercapai. Dengan kata lain, ketidakurutan langkah-langkah mengakibatkan suatu kegiatan gagal mencapai tujuan.

No comments :

Post a Comment