Pages

Tuesday, November 20, 2018

Pembuatan Makanan Internasional "Churros"


PEMBUATAN MAKANAN INTERNASIONAL
SMA NEGERI 2 CIAMIS
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
  

Nama          :         
Muhammad Raihan Indraguna

Kelas          :         XI MIPA 5


SMA NEGERI 2 CIAMIS
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 2 Ciamis (0265) 771709



KATA PENGANTAR

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT. Karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan proposal ini.
Proposal ini dibuat sebagai tugas dari guru mata pelajaran prakarya tentang Pembuatan Makanan Internasional. Selain itu tujuan dari proposal ini adalah agar pembaca dapat mengenal, mengetahui bagaimana cara berwirausaha makanan internasional yang bisa kita temui di berbagai tempat.
Selanjutnya penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyusun proposal ini sehingga proposal ini dapat selesai.
Penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca apabila ada kesalahan dalam proposal ini, sehingga menjadi landasan bagi penulis dalam membuat karya yang lain.
Akhirnya segala puji hanya kepada Allah SWT. Semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi pembaca utamanya bagi penulis sendiri dan mendapat rahmat dari Allah SWT.
Amin..

Ciamis, 19 Februari 2018


Penulis




BAB I
PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
Pada saat ini banyak sekali masyarakat yang lebih menyukai makanan siap saji dengan rasa yang enak dan harga relatif murah, namun kualitas tetap terjamin. Untuk memenuhi permintaan masyarakat tersebut harus diciptakan suatu kegiatan usaha yang sifat nya kreatif, inovatif dan memiliki daya saing yang tinggi, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat untuk membeli  produk yang kita tawarkan.
Dalam memulai usaha, yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan cara menarik minat para konsumen. Peluang pasar yang hendak kita capai dalam bisnis dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing dan kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan, dan kualitas harus ditingkatkan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi Agar usaha ini dikenal masyarakat, tentu saja harus dilakukan promosi, baik dengan cara menyebarkan brosur, memasang iklan di media cetak/elektronik, memasang spanduk ataupun promosi dari mulut ke mulut. Promosi ini dilakukan dengan tujuan untuk menarik minat calon pembeli atas produk yang ditawarkan.
1.2   Tujuan
a.       Untuk mengetahui cara pembuatan makanan internasional seperti churros
b.      Untuk mengetahui bagaimana cara berwirausaha makanan internasional
1.3   Manfaat
a.       Diketahuinya tentang makanan internasional
b.      Mengetahui cara pembuatan makanan internasional seperti churros
1.4   Rumusan Masalah
a.       Bagaimana cara pembuatan churros ?



BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Makanan Internasional
Makanan internasional adalah makanan yang sumber-sumber bahan makanannya berasal dari negara tersebut dan mempunyai karakter makanan yang identik dengan negara asalnya. Makanan internasional itu harus di akui oleh negara yang lain. makanan internasional memiliki ciri khas dari negara tersebut. makanan internasional itu di bedakan menjadi 2 jenis yaitu makanan oriental dan makanan kontinental, pengertian makanan oriental itu sendiri adalah makanan yang berasal dari asia (negara kepulauan) seperti indonesia, thailand, china dan lain-lain. sedangkan makanan kontinental adalah makanan yang berasal dari benua eropa (memiliki dataran yang luas).
Perbedaan kedua jenis masakan ini diuraikan sebagai berikut:
1.      Masakan Kontinental
Masakan Kontinental adalah masakan yang berasal dari negara yang mempunyai dataran luas, seperti Perancis, Inggris, Amerika, Australia negara- negara Eropa. Sejarah masakan kontinental dimulai ketika bangsa Romawi jaya melawan Eropa, untuk merayakannya diadakanlah pesta.Orang tidak puas lagi dengan hidangan-hidangan yang sederhana. Sekitar abad ke XIV mulailah dikenal penggunaan berbagai macam saus. Seluruh Eropa membuat pesta dimana-mana termasuk di Perancis.Perancislah yang kemudian mengembangkan seni masak ini hingga dapat diterima di seluruh dunia.
Sewaktu bangsa Eropa pada abad XIII menjelajahi dunia Timur mulailah penggunaan dan pembuatan mie yang kemudian dikembangkan menjadi spaghetti, macaronidan vermicelli yang menjadi terkenal sebagai makanan khas Italia. Pada zaman Napoleon karena perang yang berkesinambungan, cadangan bahan makanan menipis. Timbullah gagasan untuk mengganti mentega dengan margarin.
Makanan kontinental merupakan makanan dari Benua Eropa dengan ciri-ciri sebagai berikut :
a.       Eropa barat wilayahnya : Perancis , Belgia , Swiss, Belanda, dan Jerman memiliki selera makan yang sama. Bumbu yang sering dipakai adalah merica dan garam.
b.      Eropa timur wilayahnya : Chekoslovakia , Hongaria , Yugoslavia, Yunani Romawi, dan Rumania, mempunyai selera makan yang menggunakan berbumbu tajam dari rempah – rempah seperti lada.
c.       Eropa selatan wilayahnya : Italia, Portugal, Spayol selera makan pada umumnya berbumbu tajam pula yaitu pala lada dan kayu manis. Masakan kontinental biasanya menggunakan bumbu instan atau bumbu siap pakai berupa bumbu kering. Bumbu yang banyak digunakan orang Eropa adalah bumbu herb, dan garam, tidak menyukai vetsin. Teknik pengolahannya pun simple mudah, singkat atau cepat. Masakan kontinental dilakukan secara bertahap dengan alat makan berbeda tiap jenis makanan dan dihidangkan sesuai giliran. Susunan makanan utama merupakan satu
2.      Masakan Oriental
Masakan Oriental adalah masakan yang berasal dari benua Asia    khususnya seperti negara Indonesia,China, dan lain - lain.
Ciri-ciri masakan oriental : Terdapat pada bumbu utamanya yaitu : bawang putih ,kecap asin,kecap ikan,Saos tiram,saos tomat,minyak wijen dan ang chiu
2.4 Cara Pengolahan Churros
Umumnya churros dimasak dengan cara digoreng dengan minyak yang banyak hingga menjadi garing dan renyah, kadang-kadang dengan taburan gula bubuk pada permukaannya. Hal lain yang khas dari makanan ini adalah permukaannya yang bergerigi/berlekuk hasil dari adonan yang disemprotkan melalui alat bernama churrera, spuit kue yang memiliki ujung berbentuk bintang. Sebagaimana pretzels, maka churros umum diperdagangkan di pinggir jalan, dimana makanan ini dijual dalam kondisi masih panas. Di Spanyol dan Amerika Latin, churros biasanya selalu tersedia saat sarapan pagi di cafe-cafe, walaupun makanan ringan ini juga disantap di sepanjang hari.
Churros, seringkali di sebut dengan donat a la Spanyol, merupakan makanan ringan/snack sejenis pastry yang digoreng, terbuat dari adonan dasar choux. Choux sendiri merupakan adonan pastry ringan yang umum digunakan untuk membuat kue sus a la Indonesia, profiteroles, eclairs, beignets, atau crullers. Churros sangat terkenal di Spanyol, Perancis, Filipina, Portugis, Amerika Latin dan U.S. Ada dua macam tipe churros di Spanyol, jenis yang pertama umumnya tipis (terkadang dengan bentuk simpul) sedangkan yang lain berbentuk panjang, dan tebal. Churros biasanya disantap saat sarapan pagi dengan dicelupkan pada minuman coklat panas yang kental. Sebagaimana adonan choux yang saya sebutkan di atas maka adonan churros hanya terbuat dari mentega, air, tepung terigu, dan telur. Adonan churros tidak mengandung bahan pengembang seperti baking powder atau baking soda, karena adonan yang basah akan membentuk uap air yang banyak dan menggelembungkan adonan kala digoreng dengan suhu yang tinggi.
Bahan-bahan
1.      250 ml Air
2.      2 sdm Margarin/ mentega
3.      150 gr Tepung terigu
4.      1 butir Telur
5.      1 sdm Gula pasir
6.      1/2 sdt Pasta vanilla
7.      secukupnya Minyak untuk menggoreng
8.      1 sdm Gula pasir
9.      1/2 sdt Kayu manis bubuk
Cara membuat :
1.      Campur air, margarin/ mentega, gula pasir dan pasta vanila kemudian masak sampai mendidih.
2.      Kecilkan api, masukkan terigu dan aduk cepat kira-kira 2 menit. Kemudian matikan api.
3.      Aduk terus adonan sampai kalis dan uap panasnya hilang. Masukkan telur yang telah dikocok lepas. Aduk cepat sampai rata.
4.      Masukkan adonan ke dalam pipping bag atau plastik segitiga dan gunting ujungnya. Kemudian masukkan lagi ke dalam pipping bag yang telah di beri spuit bintang.
5.      Panaskan minyak goreng pada wajan dengan api sedang. Kemudian spuit adonan kedalam minyak kira-kira sepanjang 10 cm, goreng hingga berwarna kecoklatan. Lakukan sampai adonan habis.
6.      Angkat churros dari dalam wajan dan tiriskan. Setelah hangat taburi dengan campuran gula dan kayu manis. Churros siap dinikmati.



BAB III
LAPORAN KEGIATAN
3.1.         Alat dan Bahan
Bahan yang dibutuhkan
1.      250 ml Air
2.      2 sdm Margarin/ mentega
3.      150 gr Tepung terigu
4.      1 butir Telur
5.      1 sdm Gula pasir
6.      1/2 sdt Pasta vanilla
7.      secukupnya Minyak untuk menggoreng
8.      1 sdm Gula pasir
9.      1/2 sdt Kayu manis bubuk
Alat yang dibutuhkan
1.      Alat pengaduk
2.      Wadah
3.      Kompor
4.      Sendok
5.      Plastik segitiga
3.2.         Laporan Hasil Kegiatan




DAFTAR PUSTAKA



LAMPIRAN





                                                                        Ciamis, 19 Februari 2018

Mengetahui,
          Ketua                                                                             Sekretaris



                                                                                                                                                                                 
Menyetujui,





NIP : 






No comments :

Post a Comment